RECENT

Welcome the Blogger, thanks for your visit

Dec 22, 2012

Hari Ibu atau Mother's Day?


Saya hanya ingin memposting beberapa Review Hari Ibu pada 22 Desember agar kita bisa tahu apa maksud, makna, asal muasal atau latar belakang dan sejarah yang sebenarnya dari Hari Ibu itu sendiri, yang saya kutip dari beberapa situs berikut:

Hari Ibu adalah hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya. Peringatan dan perayaan biasanya dilakukan dengan membebastugaskankan ibu dari tugas domestik yang sehari-hari dianggap merupakan kewajibannya, seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya. Kalau Ayah mempunyai slogan yaitu Surganya Ibu di bawah kaki Ayah, tetapi slogan Ibu adalah Surganya Anak di bawah kaki Ibu. (sumber: id.wikipedia.org)

Tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu. Peringatan ini kerap disalahartikan sebagai bentuk terima kasih kepada ibu yang telah melahirkan dan mengurus rumah tangga. Namun, ternyata, hari ibu yang diperingati oleh bangsa Indonesia bukan demikian maksudnya. (sumber: www.republika.co.id)

Ditilik dari sejarah, Kongres Perempuan Indonesia menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Kebangkitan Perempuan Indonesia dalam Politik. (sumber: news.okezone.com)

Penetapan Hari Ibu pada tanggal 22 Desember sendiri baru diputuskan dalam Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938. Dan puncak peringatan Hari Ibu yang paling meriah adalah pada peringatan yang ke 25 pada tahun 1953. Tak kurang dari 85 kota Indonesia dari Meulaboh sampai Ternate merayakan peringatan Hari Ibu secara meriah. (sumber: www.infonews.web.id)

Jauh sebelum itu, pada 22 Desember 1928 yang akhirnya dicanangkan sebagai Hari Ibu, kiprah perempuan adalah dalam bidang politik untuk bangsa ini, bukan pada kiprah domestik berbau sanggul dan dapur. (sumber: suaramerdeka.com)

Wanita bukan hanya sekadar makhluk ciptaan Tuhan untuk mendampingi pria di muka bumi ini. Lebih dari itu, wanita memiliki banyak peran dalam setiap fase kehidupan manusia. (sumber: www.kabar24.com)

Peringatan hari Ibu sendiri dilaksanakan pada tanggal 22 Desember setiap tahun sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 316 Tahun 1959 untuk mengenang penyelenggaraan Kongres Perserikatan perempuan Indonesia yang pertama tahun 1928 sekaligus menghargai partisipasi perjuangan panjang kaum perempuan dalam merebut kemerdekaan dan mewujudkan negara Indonesia yang bersatu, aman, tentram, damai dan makmur. (sumber: www.setkab.go.id)

Sekian, Terima Kasih dan Selamat Hari Ibu...

0 comments:

Online Guest Book [ ]